Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah

Mulai tahun ajaran 2025/2026, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah menetapkan kebijakan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan Ramah yang selanjutnya disebut MPLS Ramah

Jinggel MPLS Ramah

Lirik Jinggle MPLS Ramah

HARI BARU

Ciptaan: Prof. Abdul Mu’ti

Aransemen: Dwiki Dharmawan

Vokal: Claudy Qaila Sakhi

Hari baru,

Semangat baru Gembira,

menuntut ilmu

Gapai mimpi

Ukir prestasi

Hari baru

Kawan baru

Suasana baru.

saling menghormati

Saling menerima Sekolahku,

rumahku …

Reff

Mari bersama - sama

Penuh suka cita

Gapai cita mulia

Masa depan Jaya

Mari bersama - sama

Penuh suka cita

Gapai cita mulia

Masa depan Jaya

Rujukan Kegiatan MPLS Ramah

Asesmen MPLS Ramah untuk Literasi Membaca dan Numerasi

Asesmen Berbasis Komputer

Silakan duplikasi asesmen di dalam Google Form menggunakan akun sekolah Anda!

Asesmen Berbasis Kertas, Kunci Jawaban,
dan Alternatif Pembelajaran

Silakan unduh melalui tautan di bawah ini:

Catatan Penting:

  • Hasil dari Asesmen MPLS Ramah untuk Literasi Membaca dan Numerasi ini tidak berupa skor/angka atau peringkat murid sehingga tidak dapat dan tidak boleh digunakan untuk menyimpulkan kompetensi literasi membaca dan numerasi murid secara utuh.
  • Hasil dari Asesmen MPLS Ramah untuk Literasi Membaca dan Numerasi ini digunakan sebagai bahan untuk guru melakukan persiapan dan pelaksanaan proses pembelajaran untuk penguatan literasi membaca dan numerasi.
  • Manfaat asesmen dapat maksimal dan tepat sasaran jika bersumber dari hasil murni siswa yang mengisi instrumen dengan serius, mandiri, dan tanpa manipulasi seperti diberi latihan dan kunci jawaban.
  • Hasil dari Asesmen MPLS Ramah untuk Literasi Membaca dan Numerasi adalah milik satuan pendidikan dan tidak perlu disampaikan ke pihak lain termasuk orang tua/wali, sekolah lain, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.
  • Satuan pendidikan tidak diperbolehkan berkompetisi untuk mendapatkan hasil tertinggi.
  • Untuk pendidikan khusus, satuan pendidikan dapat menyesuaikan pelaksanaan asesmen ini dengan kondisi murid. Murid dengan hambatan intelektual tidak disarankan mengikuti asesmen ini.
  • Pelaksanaan asesmen dapat dilakukan di hari ketiga MPLS Ramah.

Panduan Aktivitas Jeda Ceria

Peluncuran MPLS Ramah

Webinar Sosialisasi MPLS Ramah

Materi Paparan MPLS Ramah

Soal Sering Ditanya ?

Apa Itu MPLS Ramah?

Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Ramah adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menumbuhkan dan memperkuat karakter serta profil lulusan melalui pengenalan warga, kurikulum, dan lingkungan yang dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

MPLS adalah kegiatan awal saat murid pertama kali masuk ke jenjang pendidikan baru. Di sinilah pertama kalinya mereka memulai perjalanan mereka dan mengenal budaya lingkungan belajar yang baru. Namun kita tidak menutup mata, bahwa dalam praktiknya, kegiatan MPLS masih saja disalahgunakan, contohnya perpeloncoan yang mengakibatkan murid baru akan merasa tidak aman di sekolah baru. Hal ini tentu bertentangan dengan semangat menciptakan satuan pendidikan yang aman, nyaman, dan menggembirakan.

Karena pengalaman pertama murid baru di satuan pendidikan sangat memengaruhi pandangannya terhadap dunia pendidikan, kegiatan MPLS harus membantu murid baru agar merasa diterima, bersemangat belajar, dan membentuk karakter positif. Oleh karena itu, MPLS Ramah harus dirancang dengan memuliakan dan menghormati hak anak untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

Sekolah, dinas pendidikan, dan masyarakat dapat melaporkan melalui kanal pengaduan yang disediakan. Tindakan pelanggaran akan dikenai sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

MPLS Ramah dilaksanakan selama 5 hari pada jam sekolah formal. Khusus sekolah berasrama, durasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan adaptasi lingkungan tempat tinggal.

Salah satu prinsip MPLS Ramah adalah efektif dan efisien. Sekolah dapat mengoptimalkan seluruh rangkaian kegiatan, baik yang dilaksanakan dalam 3 hari maupun jika diperluas hingga 5 hari, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada tanpa menambah beban biaya. Kegiatan seperti asesmen, unjuk bakat dan minat murid, kelas inspirasi kegiatan sosial, dan lainnya dapat dilakukan secara sederhana namun tetap bermakna. Prinsipnya, pelaksanaan MPLS Ramah tetap mendukung pencapaian tujuan, sesuai dengan kondisi anggaran yang ada.

Jika MPLS telah dilaksanakan sebelum panduan ini terbit atau di awal Juli, sekolah tetap dapat melanjutkan kegiatan sesuai rencana. Panduan baru dapat dijadikan acuan untuk memperkuat kegiatan susulan atau pembiasaan karakter di minggu-minggu awal setelah MPLS selesai. Panduan baru bisa dijadikan rujukan untuk memperkaya konten dan memperkuat semangat ramah, aman, dan mendidik pada kegiatan-kegiatan lanjutan setelah MPLS formal selesai, termasuk dalam pembiasaan karakter di minggu-minggu pertama sekolah.

Konsultasi dan Pengaduan

Pusat Panggilan ULT Kemendikdasmen: 177;
Kanal pengaduan LAPOR Kemendikdasmen: https://kemendikdasmen.lapor.go.id/

wpChatIcon
wpChatIcon