
Kampanye Praktik Baik UAS 1 Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia
Latar Belakang: Mata kuliah “Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia” berfokus pada pemahaman bagaimana konteks sosial, budaya, dan interaksional mempengaruhi proses belajar mengajar. Dalam pendidikan, pendekatan sosiokultural sering digunakan untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran yang terjadi antara kelompok sosial dan budaya yang berbeda. Perspektif ini menekankan pentingnya memahami budaya dan latar belakang siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Tujuan: Tujuan dari kursus ini adalah untuk membekali calon guru dengan keterampilan dan pengetahuan untuk mengeksplorasi dan memasukkan faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik ke dalam proses pembelajaran. Selain itu, penting juga untuk memahami bagaimana faktor-faktor ini memberikan tantangan terhadap proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan: Tujuan dari kursus ini adalah untuk memungkinkan guru masa depan mengenali potensi dan kebutuhan setiap siswa dan mengembangkan pendekatan yang tepat untuk mencapai perkembangan yang optimal. Selanjutnya tujuan lainnya adalah bagaimana guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan bermakna terlepas dari segala keterbatasan yang ada di sekolah, dan bagaimana guru dapat memasukkan unsur budaya ke dalam proses pembelajaran di kelas.