Menciptakan Pembelajaran yang Aman, Nyaman dan Berpihak pada Peserta Didik melalui Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran Matematika
Intervensi pendidikan yang melibatkan penerapan Scaffolding pada Zona Proximal Development (ZPD) dengan metode Two Stay Two Stray memiliki tujuan utama untuk menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan peserta didik. Fokusnya adalah pada pembelajaran translasi dengan pendekatan bertahap sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik. Melalui kegiatan Two Stay Two Stray, interaksi sosial dan pertukaran ide diharapkan dapat memperdalam pemahaman konsep translasi. Dalam prosesnya, kegiatan pembelajaran didesain untuk membangun keterampilan sosial, komunikasi, dan kerja sama, selain hanya penguasaan materi matematika. Lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, yang pada gilirannya akan merangsang perkembangan mereka. Dengan memadukan prinsip-prinsip Scaffolding, ZPD, dan metode Two Stay Two Stray, diharapkan intervensi ini menciptakan pengalaman belajar positif dan efektif, memfasilitasi pemahaman konsep translasi, serta memberikan kontribusi pada perkembangan holistik peserta didik dalam matematika.

0 Komentar

Laporkan
Komentar (0
)